Cara Blokir Dan Lapor Penipuan Online Rekening Anda

Cara Blokir Dan Lapor Penipuan Online Rekening Anda

Kemajuan teknologi saat ini memang tidak bisa diragukan lagi, segala transaksi dimudahkan berkat kemunculan era digital ini. Namun masyarakat tidak bisa lengah dengan praktisnya cara tersebut, terbukti masih ada saja pihak yang mengalami masalah akibat kecorobohan mengenai keamanan. Misalnya penipuan rekening online, bukan saja dirugikan masalah uang namun juga tenaga, pikiran dan waktu Anda. Terlebih setelah mengalami hal tersebut, banyak langkah untuk lapor penipuan online rekening Anda.

Era digital memang memberikan banyak kemudahan, seperti paling umum bertransaksi melalui online. Namun sebagai masyarakat yang erat hubungannya dengan internet setiap saat, perlu untuk tetap waspada pada berbagai tindak kejahatan. Apalagi beberapa waktu belakangan ini semakin banyak pelaku tindak kejahatan yang mengandalkan kemajuan internet. Masyarakat setidaknya paham atau bahkan mengetahui seperti apa cara pelaporan yang tepat ketika mengalami masalah tersebut.

Cyber crime atau lebih dikenal dengan penipuan online sudah termasuk dalam tindakan kriminal dengan pasar yang melindungi UU informasi dan transaksi elektronik. Ini bukan saja terjadi di Indonesia, tetapi hampir semua negara telah melakukan pembuatan dasar hukum tersebut dengan cara melapor yang berbeda sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat. Dengan begitu, ketika Anda mengalami atau mencurigai adanya hal yang merugikan tersebut bisa segera lapor tanpa perlu takut.

Sering sekali ditanyakan, bagaimana tindakan penipuan online tersebut? Tentu jika membahas ada banyak jenisnya. Entah itu menggunakan cara lama atau cara baru yang tidak dikenali oleh para korban, terlebih bagi yang kurang melek akan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Dengan mengenali metode kejahatan cyber seperti apa saja, setidaknya bisa dikurangi, diminimalisir atau bahkan dihindari. Tidak sedikit nasabah yang sudah menjadi korban dan terjebak dalam modus penipuan, pasti akan merugikan bukan?

Pada beberapa kasus yang sudah terjadi, penipuan online itu bertujuan untuk merampas data pribadi korban. Entah itu PIN, kode OTP, nomor kartu debit, nomor kartu kredit, dan masih banyak lagi lainnya. Lalu, data yang sudah menjadi incaran tersebut diretas atau diambil alih akun pribadi termasuk juga aku finansial Anda. Dari sekian banyak cara dan metode yang digunakan, phishing menjadi paling populer di masyarakat. Cara ini dilakukan dengan berbagai perantara media seperti email, SMS, sampai dengan telephone.

Ada pula yang menggunakan metode fake account media sosial, baik itu Twitter, Instagram dan masih banyak lagi lainnya. Tujuannya masih sama mendapatkan segala data rahasia milik para korban yang digunakan untuk pembobolan rekening dan sebagainya. Mengerikan bukan? Makanya kenapa perlu mengetahui cara lapor penipuan online yang bisa saja Anda alami. Supaya tidak kebingungan, berikut ini langkah yang dapat dilakukan yaitu :

Cara Blokir Dan Lapor Penipuan Online Rekening Anda

1. Laporkan pada pihak berwenang.
Yang pertama tentu saja pelaporan bisa pada pihak berwenang, kantor polisi terdekat Anda ataupun lainnya. Setelah itu barulah membuat surat laporan dengan melampirkan segala berkas yang diperlukan seperti bukti chattingan, percakapan, ataupun transaksi yang sudah berhasil dilakukan hingga merugikan finansial.

2. Laporan di Lapor.co.id.
Sebagai masyarakat Indonesia, ternyata Anda dimudahkan dalam pelaporan sebuah kasus melalui website. Ya, Lapor.co.id merupakan bentuk situs resmi yang dikembangkan oleh pihak pemerintah sebagai sarana pengaduan dan penyampaian aspirasi masyarakat.

3. Call center bank.
Setiap tindakan penipuan pasti akan berujung pada finansial, ada baiknya untuk amankan rekening terlebih dahulu. Dengan menghubungi pihak call center, misalnya dari BCA yang bisa menghubungi Halo BCA di 1500888.

4. Aplikasi contact center bank.
Beberapa perusahaan finansial memang sering memberikan layanan aduan penipuan, seperti haloBCA yang dapat Anda manfaatkan. Ini merupakan aplikasi mobile resmi yang dapat menghubungi pihak BCA baik melalui chat, call, email ataupun yang lainnya.

Setidaknya ada beberapa cara lapor penipuan online rekening yang dapat memberikan kerugian untuk Anda. Perlu diketahui terlebih dahulu, segala sesuatu yang jahat itu bisa diantisipasi dengan berbagai cara. Salah satunya memahami ciri dari awal sampai dengan tahu seperti apa langkah pelaporan yang tepat. Dengan begitu kasus-kasus yang dapat merugikan bisa dikurangi, bahkan dihindari terjadi kepada Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *