Desainer Penemu Rok Mni, Mary Quant Wafat di Usia 93 Tahun

Dame Mary Quant, yang dikenal mempopulerkan hemlines pendek dan menulis istilah “mini,” meninggal Kamis, 13 April 2023, di usia 93 tahun.

Menurut pernyataan keluarganya kepada PA Media, sebuah kantor berita Inggris, sang desainer meninggal dengan tenang di rumah di Surrey, Inggris, pagi ini.

Pernyataan itu menambahkan bahwa dia adalah salah satu perancang busana yang paling dikenal secara internasional pada abad ke-20 dan inovator luar biasa dari tahun Swinging 60-an.

Quant lahir pada tahun 1934 di Blackheath, dan kuliah di Goldsmiths University, lulus pada tahun 1953.

Dia kemudian membuka Bazaar, butik trendi di King’s Road di London.

Toko tersebut, yang menampilkan barang-barang fashion-forward, menjadi favorit The Rolling Stones dan Audrey Hepburn dan segera menjadi populer.

Sepuluh tahun kemudian, Mary Quant menjadi merek global utama, membuat mode kelas atas untuk massa.

Estetikanya membantu mengantarkan “Youthquake” tahun 1960-an.

Rok mini yang sangat pendek dan gaun ganti menjadi merek dagang Quant, dan dipopulerkan oleh model Twiggy dan Jean Shrimpton.

Kia Rekrut Mantan Desainer BMW, Sosok Dibalik BMW 8-Series Concept Perancang busana dikreditkan dengan menciptakan rok mini, yang dinamai dari mobil favoritnya, Mini Cooper, hot pants, dan mempopulerkan gaya mod di tahun 60-an.

‘Saya suka rok pendek saya karena saya ingin berlari dan mengejar bus untuk pergi bekerja,’ katanya kepada PA pada tahun 2014, per The Washington Post.

“Itu adalah perasaan kebebasan dan kebebasan.” Dia menambahkan, “Gadis-gadis di King’s Road yang menemukan mini.

Saya membuat pakaian yang memungkinkan Anda berlari dan menari, dan kami akan membuatnya sepanjang yang diinginkan pelanggan.

Saya memakainya sangat pendek dan pelanggan akan berkata, ‘Lebih pendek, lebih pendek.’ ” Pada tahun 1961, Quant membuka Bazaar kedua di Knightsbridge dan beberapa tahun kemudian, mengekspor penampilan modnya ke Amerika Serikat dalam kemitraan dengan JCPenney.

Dia kemudian merambah ke dunia kecantikan pada tahun 1966, meluncurkan lini makeup bernama Mary Quant Cosmetics.

Lily Collins Tampil Edgy dengan Gaya Monokrom di Pertunjukan Max Mara Resort 2024 Quant menulis beberapa buku, termasuk Color pada tahun 1984, Quant on Make-Up pada tahun 1986, Classic Make Up & Beauty Book pada tahun 1996, dan otobiografi, Mary Quant: Autobiography, pada tahun 2011.

Dia ditunjuk oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2015 dan selama London Fashion Week, sebuah plakat dibuka untuk menghormatinya di luar lokasi lokasi Bazaar pertamanya di King’s Road.

Pada musim semi 2019, ketika Museum Victoria & Albert mengadakan retrospeksi karyanya, kurator memasukkan montase yang menampilkan ribuan wanita berbagi foto dan cerita dari karya Mary Quant favorit mereka.

Anda dapat membuat kenangan dalam pakaiannya, bukan hanya karena cara mereka memotret tetapi karena cara mereka memengaruhi perasaan Anda.

“Wanita modis memakai pakaian,” katanya suatu kali.

“Pakaian itu tidak memakainya.” Dia adalah seorang ahli dalam gaya pribadi sebelum menjadi kata kunci tahun 2023.

Beberapa pihak mengungkapkan duka atas kepergiannya.

“Tidak mungkin untuk melebih-lebihkan kontribusi Quant pada fashion,” cuit Museum Victoria dan Albert Inggris setelah kematiannya.

“Dia mewakili kebebasan fashon tahun 1960-an yang menyenangkan, dan memberikan panutan baru bagi wanita muda.” Mantan editor Vogue Alexandra Shulman memposting penghargaan di media sosial.

“RIP Dame Mary Quant.

Seorang pemimpin mode tetapi juga dalam kewirausahaan wanita – seorang visioner yang lebih dari sekadar potongan rambut yang bagus,” tweet-nya.

“Pada tahun 90-an saya biasa bertemu dengan Ms.

Quant di La Picena, toko makanan kecil Italia di Walton Street.

Saya langsung mengenalinya dan pada pertemuan pertama, saya memberanikan diri untuk menyapanya.

Saya telah menyadarinya gaya, penampilan, dan semangatnya dari masa remaja saya, jadi saya merasa benar-benar bertemu dengan seorang legenda, seseorang yang mendefinisikan semangat tahun 60-an,” kata perancang busana Inggris Bruce Oldfield kepada WWD.

PEOPLE Pilihan editor: Desainer Vera Wang Mengaku Tidak Terobsesi dengan Penampilannya di Foto yang Viral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *