Hari Jadi Pura Mangkunegaran Diisi Festival Musik dan Kuliner, Catat Tanggalnya

Pura Mangkunegaran Solo memperingati hari jadi atau Adeging ke-266 Tahun Pura Mangkunegaran dengan menyelenggarakan berbagai acara.

Puncak acara berupa festival musik dna kuliner akan dilangsungkan pada Ahad, 12 Maret 2023.

Pemimpin Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya atau KGPAA Mangkunegara X mengatakan Adeging Pura Mangkunegaran dikemas sebagai cara pura menjaga relevansi dan kedekatan kebudayaan dengan masyarakat.

“Mangkunegaran sudah berdiri 265 tahun dan sebentar lagi 266 tahun.

Untuk itu kami berkolaborasi dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC akan menyelenggarakan beberapa acara untuk memperingatinya,” ujarnya saat konferensi pers di Solo, Kamis, 2 Maret 2023.

Inovasi di Tengah Tradisi: Hong Kong dan Budaya Makan-makan Mangkunegara X menyadari masyarakat terus berubah.

Karena itu, perlu terus diupayakan agar kebudayaan tetap terjaga di tengah perubahan itu.

“Acara ini bukan hanya milik Pura Mangkunegaran, namun juga milik masyarakat Solo dan sekitarnya,” kata Mangkunegara.

Puncak acara Adeging Pura Mangkunegaran bertajuk Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran serta lomba lari Mangkunegaran Run in Solo.

Keduanya akan digelar di lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran.

Pemilu 2024, KPU Solo Pastikan 18 Partai Politik Penuhi Syarat Keterwakilan Perempuan Sejumlah musisi nasional akan meramaikan Festival Musik, antara lain penyanyi pop kondang Vina Panduwinata, Marion Jola dan grup musik RAN.

Akan hadir pula grup musik Diskoria, Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo serta pelantun lagu keroncong Endah Laras, penampilan spesial Tribute to Didi Kempot.

Adapun lomba lari dengan kategori 5, 10 dan 21 kilometer (half marathon) akan melintasi sebagian Kota Solo.

Menurut Mangkunegara X, Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran merupakan bentuk pemajuan budaya yang menjangkau masyarakat luas dan dikemas sesuai kondisi masa kini.

“Regenerasi di masyarakat terus terjadi, namun kebudayaan harus dilestarikan,” ujarnya.

Musik dan kuliner dipilih karena sifatnya yang universal.

Pura Mangkunegaran menjadikan kedua hal itu sebagai perangkat komunikasi dan interaksi dengan masyarakat luas.

Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran juga dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran.

“Rangkaian acara ini merupakan representasi identitas dari Kota Solo sebagai the spirit of Java,” kata Mangkunegara.

Co-founder dan COO Katadata Ade Wahyudi mengatakan selain hiburan musik dan beragam kuliner, festival itu menyediakan pembagian paket minuman dan makanan gratis untuk pengunjung.

Penyanyi keroncong Endah Laras yang turut hadir dalam konferensi pers kemarin menyatakan terkejut sekaligus bersyukur saat diundang mengisi acara Adeging Pura Mangkunegaran.

Menurut dia, rangkaian acara hari Jadi Pura Mangkunegaran ini membawa semangat pelestarian budaya dengan konsep yang diterima masyarakat luas.

Pilihan Editor: Peringatan Naik Tahta Pertama KGPAA Mangkunegara X, Gibran Rakabuming Dapat Gelar Kanjeng Pangeran Haryo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *